radio

you are listening DELUNAR radio

Saturday, December 3, 2011

Les Miserables

Les Misérables merupakan sebuah novel berbahasa Perancis karangan Victor Hugo pada tahun 1862. Sebuah novel yang sangat terkenal dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk Indonesia. Novel ini berfokus pada perjuangan mantan nara pidana Jean Valjean dan pengalaman pengampunan. Dalam novel ini berbaur semua hal mengenai hukum, kasih, karunia dan sejarah panjang tentang Perancis yang di dalamnya terdapat politik, moral, keadilan, agama, romantika. Novel ini adalah cerita fiksi sejarah mengambil setting abad kesembilan belas, abad sesudah revolusi Perancis. Sebagian besar merupakan fiksi tetapi mengandung beberapa faktual sejarah.



Les Misérables dikenal orang melalui berbagai adaptasi baik itu film, panggung maupun musik dengan nama yang sama. Les Miserables mengandung banyak cabang cerita, tetapi benang utama adalah kisah mantan narapidana, Jean Valjean (dikenal dengan nomor penjara, 24601), yang menjadi kekuatan kebaikan di dunia, tetapi tidak bisa lepas masa lalu yang gelap.


Novel ini dibagi menjadi lima volume, masing-masing volume dibagi menjadi buku, dan dibagi lagi menjadi bab (total 365 bab). Setiap bab relatif singkat, biasanya tidak lebih dari beberapa halaman. Namun demikian, novel secara keseluruhan cukup panjang untuk ukuran modern, lebih dari 1400 halaman dalam edisi lengkap (1900 halaman dalam bahasa Prancis)


Dalam batas cerita novel itu, Hugo mengisi banyak halaman dengan pemikirannya tentang agama, politik, dan masyarakat, termasuk beberapa penyimpangan panjang dan yang paling terkenal, menceritakan kembali tentang Pertempuran Waterloo.


Wah... kalau mau ceritanya dalam bahasa Inggris, puanjang deh... baca sendiri di  Gutenberg


Kalau mp3-nya boleh juga download di bawah ini. Mp3 ini hasil konvert dari audio video Les Miserables Anniversary 25th Concert di O2. Konser ini berdurasi lebih dari 2 jam, yang dipotong-potong menurut urutan lagu. Alasan lain supaya filenya tidak terlalu panjang.

Link sudah diperbaiki. Selamat menikmati

LM A01
LM A02
LM A03
LM A04
LM A05

LM B01
LM B02
LM B03
LM B04
LM B05

No comments:

Post a Comment